PENGINANGAN MASYARAKAT BANJAR
Panginangan: Wadah Sirih Pinang Suku Melayu Banjar, Kalimantan Selatan
Panginangan adalah sebuah wadah yang digunakan oleh masyarakat Banjar di
Kalimantan Selatan untuk meletakkan dan menyimpan bahan-bahan menginang atau menyirih yang disebut kinangan.
Panginangan dapat terbuat dari anyaman bambu atau rotan, emas, perak, dan kuningan.
1. Asal-usul
Masyarakat Banjar adalah masyarakat yang banyak mendiami Pulau Kalimantan bagian selatan , tengah dan timur Di kalangan masyarakat ini, terdapat kreasi budaya unik bernama Penginangan. Penginangan adalah sebuah wadah untuk meletakkan dan menyimpan bahan-bahan menginang. Bahan-bahan untuk menginang itu disebut kinangan.
Menginang sendiri adalah kegiatan mengunyah daun sirih yang dicampur dengan kapur, buah pinang,gambir dan tembakau yang digulung sebesar bola tenis meja.
Panginangan dalam kebudayaan Melayu Banjar berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghormati tamu, baik dalam acara-acara adat seperti perkawinan maupun dalam kehidupan sehari-hari (Triatno et al., 1994/1995).
Penginangan, yang umumnya dalam kebudayaan Melayu disebut tepak sirih , berhubungan erat dengan kebiasaan menginang atau menyirih (Mahyudin Al Mudra, 2006). Kebiasaan ini konon telah dilakukan oleh umumnya masyarakat Melayu sejak ribuan tahun silam. Para pelancong dan peneliti Eropa yang pernah singgah ke nusantara juga memberikan kesaksian bahwa kebiasaan menginang atau menyirih dilakukan baik oleh kalangan bangsawan maupun rakyat biasa (http://melayuonline.com/ensiclopedy/?a=SnN1L2cveVRteDdaM2dl=&l=menginang-atau-menyirih ).
Menginang memiliki sebutan yang berbeda-beda di beberapa kebupatian di Kalimantan Selatan. Di kalangan suku Bukit yang hidup di Kebupatian Kotabaru, menginang disebut Lahup. Sebutan tipa atau penimpaan untuk menginang digunakan oleh suku Bukit yang tinggal di Kebupatian Tapin. Suku Mandar yang hidup di Kebupatian Kotabaru menyebut menginang sebagai pattaruang. Sementara itu, Suku Bugis yang tinggal di Kebupatian Kotabaru menyebut menginang sebagai atotang ((Triatno et al., 1994/1995).
Kapan tradisi menginang dikenal oleh masyarakat Melayu Banjar tidak dapat diketahui secara pasti. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat Banjar, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945), banyak orangtua Banjar yang melumuri wajah anak gadis mereka dengan cairan bekas kunyahan sirih pinang yang berwarna merah kehitaman itu agar terlihat buruk. Hal ini dimaksudkan agar anak gadis mereka tidak diambil oleh tentara / serdadu Jepang (Triatno et al., 1994/1995:14).
Penginangan sebagai alat menginang tidaklah berdiri sendiri. Panginangan selalu disertai dengan alat-alat lainnya seperti kacip (untuk mengupas dan memotong buah pinang), tutukan atau lesung sirih (untuk melumatkan kapur, daun sirih, atau buah pinang; biasanya, alat ini digunakan oleh orangtua yang giginya sudah tidak kuat), dan paludahan atau pangucuran (wadah untuk membuang ludah setelah menginang) (http://melayuonline.com/ind/culture/dig/1703 ).
Penginangan orang Banjar dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan asal panginangan tersebut. Misalnya, panginangan asal Martapura yang berbentuk kotak segi empat biasa berbeda bentuk dan bahannya dengan panginangan asal kebupatian Hulu Selatan yang berbentuk burung. Perbedaan bentuk dan bahan ini juga dimungkinkan karena pemiliknya berbeda. Panginangan milik raja atau bangsawan biasanya terbuat dari kuningan, perak, atau emas. Sementara itu, panginangan milik rakyat biasa umumnya terbuat dari kayu, anyaman bambu, atau rotan.
2. Bahan yang Digunakan
Bahan-bahan untuk membuat panginangan terdiri dari beberapa macam, yaitu paring tali (bambu yang dibelah-belah tipis lalu dianyam), paikat (rotan), kayu, kuningan, perak, emas, dan lain-lain. Bambu dan rotan diperoleh dari hutan Kalimantan Selatan sementara emas, kuningan, dan perak biasanya diperoleh dari daerah luar Kalimantan Selatan. Bahan-bahan ini dirakit menjadi panginangan secara tradisional, yaitu masih menggunakan tangan manusia dan bukannya menggunakan mesin.
3. Bentuk dan Ornamen
Penginangan dapat dibedakan menurut bentuknya. Bentuk-bentuk panginangan adalah sebagai berikut.
a. Penginangan bokor
Panginangan bokor sering digunakan dalam upacara adat perkawinan dan ritual bawanang pada suku Bukit di Kebupatian Hulu Sungai Tengah. Penginangan ini memiliki tiga bentuk berbeda yang masing-masing unik dan memuat nilai seni tersendiri. Ketiga bentuk panginangan ini adalah sebagai berikut:
Penginangan yang memiliki bentuk wadah bundar tinggi. Pada panginangan jenis ini, tempat daun sirih berbentuk kerucut terpotong. Tempat pinang dan gambir berbentuk bulat berkaki sedangkan tempat kapur berbentuk silinder. Bahan penginangan ini terbuat dari kuningan dan ornamennya berupa motif floral, belah ketupat, dan gigi haruan.
Penginangan dengan bentuk wadah bundar tinggi. Pada bagian tengah di sisi dalamnya terdapat tempat gambir dan pinang yang diberi tutup berbentuk bulat. Tempat kapur berbentuk silinder sedangkan tempat tembakau berbentuk bulat dan diberi tutup serta memiliki tiang kecil. Bahan penginangan terbuat dari kuningan dan memiliki dekorasi ukir dengan ornamen motif floral, gigi haruan, geometris, dan mata titik.
Penginangan dengan bentuk wadah bundar tinggi dan alas pipih bundar. Bagian atas wadah dibentuk menjadi lekukan bergerigi seperti kelopak bunga. Pada bagian dalamnya, terdapat anak penginangan untuk tempat sirih yang berbentuk kerucut terpotong. Tempat pinang berbentuk bulat berkaki dan memiliki tutup. Tempat kapur berbentuk silinder. Tempat tembakau berbentuk bulat dan memiliki tutup yang bertangkai atas dan bawahnya. Bahan penginangan dari kuningan dan terdapat ornamen motif geometris, tumpal, gigi haruan, dan bunga.
b. Penginangan buai (bulat)
Penginangan buai biasa digunakan untuk upacara adat kehamilan pertama ketika umur kandungan menjelang tujuh bulan. Panginangan ini memiliki bentuk wadah bulat dan diberi tutup. Pada bagian tengah wadah, terdapat tangkai sebagai pegangan yang dikelilingi oleh wadah-wadah kecil kinangan, yaitu wadah sirih berbentuk kerucut dan bersegi, wadah pinang dan gambir berbentuk bulat dan bertutup, dan wadah kapur berbentuk silinder. Bahan panginangan ini dari kuningan dan memiliki dekorasi berupa ornamen motif swastika, gigi haruan, bintik-bintik, dan floral.
c. Penginangan segi delapan
Penginangan ini memiliki bentuk wadah segi delapan dan memiliki tutup. Pada bagian dalam panginangan ini, terdapat wadah-wadah kinangan (yaitu wadah daun sirih berbentuk kerucut dan bersegi), wadah kapur berbentuk buah manggis, dan wadah pinang dan gambir berbentuk bulat bersegi. Seluruh wadah kinangan tersebut memiliki tangkai pegangan. Bahannya kuningan dan memiliki dekorasi berupa ornamen cetak ukir bermotif tumpal, gores, bintik-bintik, swastika, dan gigi haruan.
d. Penginangan burung
Panginangan ini memiliki bentuk wadah seperti seekor burung yang sedang duduk. Pada bagian dalamnya, terdapat wadah-wadah kinangan. Tepat di bawah leher burung adalah tempat kapur. Bagian badan burung merupakan tempat daun sirih yang tutupnya berbentuk sayap burung. Bagian ekor disekat menjadi tiga bagian untuk tempat gambir, pinang, dan tembakau. Bahan panginangan ini terbuat dari kuningan dengan dekorasi ornamen motif lingkaran kecil, flora dan garis-garis lengkung pada bagian sayap dan ekor serta garis miring dan lengkung pada bagian pundak. Selain wadah kinangan, penginangan inilah yang juga biasa digunakan sebagai tempat meletakkan atau menyimpan uang dalam upacara adat.
e. Penginangan ratu
Penginangan ini memiliki bentuk wadah seperti kotak segi delapan. Pada bagian dalamnya, terdapat wadah-wadah kecil tempat kinangan, yaitu tempat daun sirih berbentuk bulat pipih yang memiliki dua lubang di mana bagian bawahnya terpotong tidak simetris. Tempat kapur berbentuk silinder, terbuat dari kaca yang dilapisi perak tipis dan memiliki tutup. Tempat pinang, tembakau, dan gambir berbentuk lonjong dan memiliki tutup. Pada bagian bawah kotak, terdapat kaki berbentuk empat persegi panjang berhias bunga. Panginangan ini terbuat dari kayu yang dilapisi perak tipis berwarna putih kehitaman. Panginangan ratu biasanya digunakan sebagai pelengkap upacara adat perkawinan Kerajaan Banjar.
4. Proses Pembuatan
Perbedaan bahan dan bentuk berpengaruh pula terhadap proses pembuatan panginangan. Perbedaan dalam proses pembuatan tersebut adalah sebagai berikut.
a. Bahan paring tali (bambu) atau paikat /pekat (rotan)
Proses pembuatan penginangan dari bahan bambu dan rotan hampir sama. Langkah pertama dimulai dengan memilih bambu dan rotan yang agak muda dan kuat. Setelah itu, bambu dan rotan dibelah tipis-tipis agar mudah dilekukkan dan tidak mudah patah.
Setelah belahan bambu dan rotan siap, langkah selanjutnya adalah menganyam belahan-belahan bambu dan rotan tersebut sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Biasanya, bentuk yang banyak digemari adalah segi empat atau mirip kotak dengan ukuran panjang lebih kurang 40-50 cm dan lebar 30 cm. Ukuran ini dianggap sesuai karena dapat memuat dan menyimpan seluruh kinangan.
Setelah bentuk segi empat selesai dibuat, bagian dalam panginangan biasanya dibuat sekat-sekat agar kinangan memiliki tempat masing-masing. Hal ini untuk memudahkan orang yang menginang mengambil kinangan dan agar kinangan awet jika akan dipakai berhari-hari. Proses pembuatan sekat-sekat bagian dalam panginangan ini sama dengan pembuatan kotak panginangan pertama, namun ukurannya dibuat lebih kecil agar dapat dimasukkan ke dalam kotak panginangan yang pertama.
b. Bahan kayu
Langkah pertama adalah memilih kayu jati yang baik, yaitu yang memiliki serat-serat halus. Serat yang halus sangat penting karena dapat memudahkan dalam pemberian ornamen, khususnya ketika diukir. Setelah serat yang halus dipilih, kayu kemudian dibelah-belah seperti papan dan selanjutnya dipotong-potong sesuai kebutuhan.
Setelah terbentuk potongan sesuai yang diinginkan, potongan kayu kemudian dirangkai menjadi kotak panginangan. Pada bagian dalam kotak, dibuat sekat-sekat untuk memisahkan tempat-tempat untuk kinangan. Tentu saja hal ini dimaksudkan agar kinangan tidak bercampur dan agar mudah mencari serta menyimpannya.
Setelah kotak terbentuk dengan sekat-sekatnya, kotak lalu dihias dengan ornamen yang diinginkan. Motif ornamen yang diukir biasanya garis-garis lurus dan floral.
c. Bahan kuningan, perak atau emas
Proses pembuatan panginangan dari bahan kuningan, perak, atau emas memiliki kesamaan. Pertama cetakan panginangan dibuat sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Cetakan (limbagan) dibuat dari lilin yang dibungkus dengan tanah liat dan dicampur dengan pasir. Cetakan dibuat dengan memberi lubang (seperti tempat keluar pada ceret atau teko air).
Setelah cetakan jadi, selanjutnya dibakar untuk mengeluarkan lilinnya. Jika lilin sudah dikeluarkan, selanjutnya dimasukkan cairan kuningan, emas, atau perak sampai penuh di dalam cetakannya. Selang beberapa lama (kurang lebih 0,5-1 jam), cetakan didinginkan dengan disiram air agar cetakan tersebut retak-retak sehingga mudah untuk dilepaskan dari cairan emas, perak, atau kuningan yang ada di dalam cetakan.
Jika semua cetakan tanah sudah dilepaskan semua dari cairan emas, perak, atau kuningan, maka bentuk panginangan akan terlihat. Agar terlihat bagus, maka hasil cetakan perlu dihaluskan dan dirapikan dengan kikir pada lapisan luarnya. Selain itu, agar bentuk dan modelnya lebih indah, hasil cetakan dapat diukir dengan motif-motif dan ornamen-ornamen tertentu, seperti motif bunga, daun, mata itik, tanaman, atau sekadar garis-garis melengkung.
Jika semua proses di atas selesai dilakukan, maka panginangan ini akan terlihat lebih cantik. Biasanya panginangan dari bahan emas, perak, atau kuningan ini dicetak dalam bentuk panginangan bokor, buai, segi delapan, ratu, dan burung.
5. Nilai-nilai
Penginangan sebagai kreasi budaya masyarakat Melayu Banjar mengandung beragam nilai kebudayaan dan kehidupan. Nilai-nilai tersebut adalah sebagai berikut.
Seni. Nilai ini tercermin dari bentuk panginangan yang dibuat begitu indah dengan motif serta ornamen yang dicetak secara detil. Bentuk yang indah ini tentu saja tidak terlepas dari jiwa seni pembuatnya yang mencerminkan kebudayaan Banjar yang tinggi. Jiwa seni yang tinggi berbanding lurus dengan hasil budaya yang bernilai tinggi pula.
Ketelitian dan kesabaran. Pembuatan panginangan dengan berbagai bentuk dan bahan menyiratkan ketelitian dan kesabaran pembuatnya. Hal ini dapat dibayangkan dari proses pembuatan yang membutuhkan ketelitian, misalnya dalam memilih bambu dan rotan serta proses penganyamannya. Ketika membuat panginangan dari bahan emas, perak, atau kuningan, diperlukan kesabaran karena harus menunggui cetakan yang sedang dibuat dan menunggu hingga hasil cetakan kering sehingga mudah dilepaskan. Proses yang panjang ini tentu saja memerlukan kesabaran dan ketelitian yang terlatih.
Pelestarian budaya. Menginang saat ini menjadi aktivitas yang sulit lagi ditemukan di perdesaan Kalimantan Selatan. Panginangan yang semula menjadi penanda untuk menghormati tamu dalam acara-acara adat sudah jarang disediakan oleh masyarakat Banjar. Oleh sebab itu, panginangan sebagai tradisi budaya asli orang Banjar perlu dilestarikan karena memiliki nilai budaya yang penting.
6. Penutup
Penginangan adalah wujud kreasi masyarakat Melayu Banjar masa silam. Bentuk penginangan yang indah dan artistik menjadikan benda ini unik dan berharga.
Oleh karena itu, panginangan sebagai sebuah benda budaya menuntut untuk dipelihara bahkan mungkin perlu segera dipatenkan sebagai hasil budaya orang Melayu Banjar.
(Artikel ini pernah dimuat di
www.melayuonline.com)
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan Tinggalkan Komentar anda disini dan harap gunakan Kata-Kata yg Sopan!....................